Rabu, 21 Desember 2005

Harga Produk Nokia Communicator Paling Stabil

Dari sekian deret produk Nokia, Communicator adalah produk yang penjualannya paling stabil, meski rupiah gonjang-ganjing. Hal itu diungkap General Manager Nokia Indonesia, Hasan Aula. Menurutnya, Communicator merupakan satu-satunya produk yang penjualannya tidak mengalami goncangan, akibat penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

"Penjualan Communicator tetap stabil (meski rupiah merosot), kerena penggunanya bukan case sensitive soal uang," kata Hasan. "Kalau produk yang lain bisa goyah (penjualannya)," lanjutnya.

Dari segi kontribusi, Communicator menyumbang 5% dari total pendapatan Nokia di Indonesia. Lebih lanjut Hasan mengatakan, untuk Communicator adalah produk tanpa pesaing, karena fokus lebih sebagai mobile office. "Jadi kita tidak ada saingan," ujarnya.

"Communicator beda dengan smart phone. Communicator lebih menonjolkan fungsionalitas mobile office, sedangkan smart phone lebih kepada multimedia. "Di pasar, kalau orang bertanya mobile office, jawabannya pasti Communicator," ujarnya.

Kontribusi Produk

Sementara itu, dari masing-masing segmen produknya Nokia menerima kontribusi yang berbeda-deba. Untuk jajaran produk di segmen kelas atas, Nokia menjagokan ponsel-ponsel: Nokia 9500, 9300, N70, N90, 6680 dan 8800.

Untuk segmen menengah, produk jagoan Nokia adalah seri 6600, 3230 dan 3220. Di segmen low-end, pendapatan Nokia banyak dikontribusi dari produk seri 1600 untuk yang ponsel layar berwarna, sedangkan untuk ponsel monochrome: 1100, 1108 dan 1110.

Namun begitu, secara keseluruhan pendapatan total Nokia paling banyak dikontribusi dari produk low end. "Produk low end memberi kontribusi paling besar, 2/3 dari total penjualan," ujar Hasan. (detikinet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar