Sabtu, 01 Oktober 2005

Nokia 9500 Silver Edition


Nokia 9500 Communicator kini hadir dalam warna Silver. Seri 9500 ini telah beredar sejak setahun yang lalu dan langsung mendapat respon yang cukup bagus yang terlihat dari antrian panjang pada stand penjualan yang digelar Nokia pada acara peluncurannya waktu itu.

Kini pihak nokia mencoba variasi baru pada produk canggihnya ini dengan menghadirkan edisi warna silver. Pada edisi silver ini tidak ada perbedaan sama sekali pada fitur dan spesifikasi dengan edisi originalnya, hanya berbeda pada warna chasingnya.

Perangkat yang bisa WI-Fi ini memiliki tampilan layar 65.536 warna, baik di bagian luar (cover display) maupun dalam (communicator/interior display) yang tergolong prima. Halus, tajam, relatif cemerlang, dan tidak menyakitkan mata.

Sebagai nada dering, pengguna dapat menggunakan berbagai format file audio. Baik MIDI atau oleh masyarakat sering dirancukan dengan sebutan polifonik, AMR, MP3, WAV, maupun AAC. Suara yang dihasilkan tergolong keras dan merdu.

Perangkat yang tidak pantas disebut ponsel ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima faksimile. Syarat mengirim faks, layanan operator seluler yang digunakan harus mendukung layanan faks. Sedangkan untuk menerima faks, operator seluler yang dipakai mutlak menyediakan layanan faks dan multinumbering.

Percobaan mengirim faks yang dilakukan penulis ternyata sungguh mudah dan lancar. Tanpa membaca buku manual pun, dalam hitungan menit penulis berhasil mengirimkan sebuah faks berisi teks, tabel, dan gambar.

Menyangkut konektivitas, gadget triple band GSM 900/1800/1900 itu tergolong lengkap. Selain dilengkapi dengan inframerah, bluetooth data maupun suara, serta GPRS, 9500 mendukung teknologi EDGE dan wireless LAN. Untuk menikmati wireless LAN atau oleh masyarakat kadang dijuluki Wi-Fi, tinggal mencari lokasi titik akses (access point, hotspot). Lantas, langsung konek tanpa harus melakukan setting nan rumit.

Untuk memperlancar aktivitas kerja, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Document, Sheet, dan Presentation yang kompatibel dengan Microsoft Office 97 dan keluaran sesudahnya. Menariknya, aplikasi tersebut dapat membuka file native dan mendukung sebagian besar fungsi Microsoft Office. Pengguna tinggal mengirimkan file Word, Excel, atau Powerpoint dari komputer ke 9500 atau sebaliknya, tanpa perlu susah-susah melakukan konversi seperti pada Communicator generasi lama. File yang diterima bisa langsung dibuka.

Aplikasi lain yang telah tersedia adalah Adobe Reader untuk membaca file berformat PDF, Zip Manager, dan Converter. Kalau ingin bermain game, instalasikan saja game Bounce yang diperoleh saat Anda membeli 9500.

Fitur lain 9500 yang memiliki memori internal 80 MB itu, di antaranya, kamera VGA terintegrasi, video recorder dengan durasi hingga 1 jam, voice recorder, dan e-mail yang bisa dilengkapi attachment. Ada pula MMS, internet browser, dan slot MMC yang disebut-sebut sanggup membaca MMC berkapasitas hingga 2 GB dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar